site meter

Senin, 16 Agustus 2010

Bacakan Aku Buku!

UMMI, Bacakan aku buku… aku ingin bisa membaca seperti bagaimana Allah menyatakan IQRA dalam kitab suci. Strickland Gillilan menyatakan “Mungkin kamu dikelilingi harta benda dan berpeti-peti emas permata. Tetapi menandingiku kamu tak ‘kan mampu sebab aku punya ibu yang membacakan buku.”
Apakah kekuatan ajaib sebuah buku?
Dalam sebuah sumber diungkapkan bahwa membacakan buku dapat meringankan anak yang sedang sakit, menenteramkan anak yang ketakutan dan menenangkan anak yang ceriwis sehingga mau tidur dan yang lebih penting membacakan buku menanamkan kegemaran membaca yang akan bertahan selamanya.
Membacakan buku tidak menjadi sesuatu yang membosankan ketika kita menjadikan kegiatan ini seperti kegiatan bercerita. Ceritakanlah tentang dunia pada anak kita. Bagaimana tekniknya ?
1.Pilihlah buku yang sesuai perkembangannya. Buku karton bergambar dengan teks sederhana untuk anak usia 0-3 tahun
2.Berusahalah untuk tertarik dengan buku sebelum membacakannya pada anak. Cari hal-hal yang menarik bagi pengalaman imajinasi dan rangsangan inderawi anak.
3.Pilih tempat dan posisi yang nyaman. Pangku si anak, lihat dan peganglah buku dengan leluasa ketika anda membacakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar