site meter

Sabtu, 29 Agustus 2009

2 K

Tahun baru yang lalu mungkin berbeda. Umat Islam sedang berpuasa dan tahun baru masehi 2000 dimulai. Teringat beberapa tahun lalu ketika masih SD. Seorang guru saya yang begitu sederhana penampilan dan kehidupannya, pernah bilang : “Kamu adalah generasi 2000. Pada tahun itu, dunia berubah. Waktu terasa lebih cepat. “
Mungkin memang benar. Malam 2000, saya berada di Batam. Kota industri yang telah menyumbangkan jutaan dolar bagi devisa Indonesia. Pulau kecil yang menjadi begitu strategis karena letaknya pada segitiga Sijori (Singapura-Johor-Riau). Tanah Batam yang kapur menjadi lautan dolar karena industri elektronik disana berkembang pesat. Pulau ini menjadi persinggahan sementara para sarjana Indonesia yang tak bisa berharap banyak mengail kehidupan di Jawa karena krisis yang berkepanjangan.

Cerita pada malam 2000 di Batam. Beberapa engineer harus lembur dan bermalam di kantornya. Ketakutan akan milenium bug pada pengoperasian pabrik yang menggunakan komputer ternyata bukan hanya terjadi di negara lain. Saya benar-benar melihat ! Hal itu terjadi di Batam, bahkan mungkin di daerah-daerah lain yang memiliki pabrik-pabrik. Pukul nol-nol pada malam 1 Januari 2000 begitu menegangkan. Kalau seandainya jaringan listrik pabrik mati, kiamatlah sudah !

Teng ! Permainan dimulai. Nihil. Lampu-lampu masih menyala. Pabrik-pabrik masih berjalan. Sebagian orang-orang menyalakan petasan, “Selamat tahun baru, di milenium baru !” katanya. Saya terbangun dari tidur. Dini hari ! Saya tetap harus puasa, karena Ramadhan belum usai. Saya tanyakan pada ibu yang tidur di sebelah saya,” Mana tahun barunya ?” Sambil mengantuk ia bilang, Y 2 K –nya sudah selesai.

Y 2 K. Milenium bug. Begitu popular di awal 2000 (terlalu panjang menulisnya, mungkin cukup 2 K saja). “Ini ulah Bill Gates. Dia yang buat kutu milenium pada komputer-komputer di seluruh dunia. Lalu dia pula yang buat sistem antisipasinya,” kata seorang bapak ketika dalam perjalanan di atas kapal dari Jakarta-Batam. Saya tersenyum. Apa itu kutu milenium ? Setahu saya, hal itu terjadi pada sistem tanggalan komputer yang selama ini memakai dua digit akhir tahun. 1998 menjadi 98, 1999 menjadi 99, lalu 2000 menjadi 00. Tahun 2 K akan terbaca 1900. Sudah lahirkah Bill Gates ketika sistem penanggalan ini mulai diberlakukan ? Anda lebih tahu !

Mungkin tak banyak orang yang tahu apa itu milenium bug. Mereka hanya dengar dan baca. Dari TV, koran, dan majalah-majalah. Bahkan dari café-café, restoran, diskotik, pusat-pusat perbelanjaan. Ada diskon milenium (tapi tak ada bug-nya). Dan jangan salahkan jika ada yang bilang, ini semua kerjaan media !

Media telah menciptakan ruang imajinasi yang besar pada manusia. Imajinasi yang menimbulkan harapan, ketakutan, bahkan euphoria. Percaya atau tidak, kalau seandainya media tak pernah bicara tentang milenium bug, tak ada orang yang merasa ketakutan sendiri ketika menunggu saat-saat pergantian tahun. Perayaan besar tahun baru di pusat kota New York terpaksa harus dibatalkan. Jawaban sederhana : mereka lebih tenang melihat pergantian tahun di rumah-rumah sendiri daripada bersenang-senang di jalan dengan perasaan tak pasti.

Media tak ingin disalahkan. Ini adalah efek yang secara langsung ataupun tidak dipengaruhi sekali oleh kondisi psiko-sosial-budaya personal. Jika terjadi deviasi informasi, itulah disfungsinya. Bukanlah pembenaran, tapi kitalah yang seharusnya selektif dan kritis ! Media berjalan dalam fungsinya untuk menginformasikan sesuatu (to inform). Informasi menjadi kebutuhan universal bagi makhluk hidup yang akan mengarahkan kehidupannya. Informasi berseliweran di sekeliling kita. Dan kitalah yang harus memilihnya.

Kitalah yang harus mencari jawaban bagaimana mendapatkan informasi yang benar. Dan hanya satu perhatian : kebenaran informasi tak lepas dari hukum relativitas, yang dipengaruhi oleh ruang dan waktu. Informasi di negara ini belum tentu benar di negara sana. Informasi hari ini belum tentu benar untuk esok hari. Informasi menjadi fana untuk urusan-urusan duniawi. Tetapi menjadi mutlak bagi urusan-urusan rohaniah yang ada di kitab suci. Makanya tak pernah kan anda dengar kitab suci menjadi out of date atau harus direvisi ?

Saya teringat lagi dengan nasihat guru SD saya, enam tahun yang lalu. Informasinya : pada tahun 2000 nanti kamu harus lebih giat karena persaingan akan semakin pesat. Saya masih hidup pada tahun 2000 itu tapi tidak terjadi apa-apa. Listrik-listrik tidak mati, sistem perbankan tidak berantakan malah Indonesia masih berada dalam krisis ekonomi, Soeharto tidak mau diseret ke pengadilan, Aceh dan Ambon masih bergolak. “Persaingan apakah itu, Pak ?” Saya tidak tahu apakah dia masih hidup atau tidak untuk kembali menjawab pertanyaan saya. Karena informasi dua hari setelah tahun baru lalu mengatakan : milenium bug akan menemui puncaknya pada beberapa bulan keempat tahun 2 K. Mungkin saya hanya menyarankan, bersiap-siaplah ! Wallahu’alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar